Tentang Kami

WALHI JAWA BARAT

 Apa dan Siapa WALHI Jawa Barat?

WALHI adalah organisasi lingkungan hidup yang independen, non-profit dan terbesar di Indonesia. WALHI Jawa Barat hadir di 8 Kabupaten/Kota dengan total 23 organisasi anggota dan  yang secara aktif berkampanye di tingkat lokal di Jawa Barat. Di tingkat internasional, WALHI berkampanye melalui jaringan Friends of the Earth Internasional yang beranggotakan 71 organisasi akar rumput di 70 negara, 15 organisasi afiliasi, dan lebih dari 2 juta anggota individu dan pendukung di seluruh dunia.

WALHI  Jawa Barat menentang model pembangunan saat ini yang berhaluan globalisasi ekonomi dan korporasi. Kami mempromosikan solusi yang akan membantu menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan berkeadilan sosial masyarakat. Kami mendapatkan kekuatan yang sangat besar dan pengetahuan dari kerja-kerja kami bersama masyarakat yang selama ini dipinggirkan dan menjadi korban. Kami bersama- sama untuk melakukan kampanye baik lokal, nasional maupun internasional.

Semenjak dibentuk 15 Oktober Tahun 1980, Selama 31 tahun perjuangan WALHI bersama kelompok masyarakat sipil lainnya telah:

  •  menumbuhkan kesadaran lingkungan hidup dan mempromosikan kedaulatan rakyat dalam pengelolaan sumber-sumber kehidupan.
  • memelopori gerakan lingkungan hidup di Indonesia dan bagian dari gerakan lingkungan hidup global.
  • mengangkat masalah dari tingkat rakyat paling bawah sampai ke proses pembuatan kebijakan di tingkat lokal,  regional dan nasional.
  • mendukung perjuangan puluhan kelompok masyarakat untuk menegaskan hak mereka atas lingkungan dan pengelolaan sumber-sumber kehidupan.
  •  menjadi narasumber untuk persoalan lingkungan hidup di Indonesia bagi media, industri dan pembuat kebijakan dan pemerintah.

Latar Belakang

WALHI sadar kecenderungan kerusakan lingkungan hidup semakin masif dan kompleks baik di pedesaan dan perkotaan. Memburuknya kondisi lingkungan hidup secara terbuka diakui mempengaruhi dinamika sosial politik dan sosial ekonomi masyarakat baik di tingkat komunitas, regional, maupun nasional.

Pada gilirannya krisis lingkungan hidup secara langsung mengancam kenyamanan, keselamatan  dan meningkatkan kerentanan kehidupan setiap warga negara. Kerusakan lingkungan hidup telah hadir di rumah-rumah kita, seperti kelangkaan air bersih, pencemaran air dan udara, banjir dan kekeringan, serta energi yang semakin mahal. Siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan hidup kian sulit dipastikan karena penyebabnya sendiri saling bertautan baik antarsektor, antaraktor, antarinstitusi, antarwilayah dan bahkan antarnegara.

Untuk menjamin keberlanjutan kehidupan generasi mendatang dibutuhkan gerakan sosial yang kuat dan meluas. Generasi mendatang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Untuk itu generasi sekarang bertanggungjawab mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Nilai Perjuangan WALHI

Untuk melawan segala bentuk penindasan atas rakyat jelata dan sumber-sumber kehidupannya tersebut, WALHI setia pada nilai-nilai perjuangan WALHI yang disenaraikan sebagai berikut:

  1. Demokrasi : Seluruh rakyat harus terlibat dalam proses pengambilan keputusan apa pun yang akan berdampak bagi keberlanjutan kehidupan rakyat.
  2. Keadilan antar Generasi : Semua generasi baik sekarang maupun mendatang berhak atas lingkungan yang berkualitas dan sehat
  3. Keadilan gender : Semua orang berhak memperoleh kehidupan dan lingkungan hidup yang layak tanpa membedakan jenis kelamin, agama dan status sosial.
  4. Penghormatan Terhadap Mahluk Hidup: Semua mahluk hidup baik manusia maupun non manusia memiliki hak dihormati dan dihargai.
  5. Persamaan Hak Masyarakat Adat : Masyarakat adat di seluruh pelosok nusantara berhak menentukan nasibnya sendiri untuk berkembang sesuai kebudayaannya.
  6. Solidaritas sosial :Semua orang memilik hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya yang sama
  7. Anti Kekerasan : Negara dilarang melakukan kekerasan fisik dan non fisik kepada seluruh rakyat.
  8. Keterbukaan : Seluruh rakyat berhak atas semua informasi berkenaan dengan kebijakan dan program yang akan mempengaruhi kehidupannya.
  9. Keswadayaan :Semua pihak diharapkan mendukung keswadayaaan politik dan ekonomi masyarakat.
  10. Profesionalisme : Semua pihak hendaknya bekerja secara profesional, sepenuh hati, efektif, sistematik dan tetap mengembangkan semangat kolektivitas.

Visi

Terwujudnya gerakan rakyat yang mampu mempertahankan fungsi sumber- sumber kehidupan di Jawa Barat

 Misi

  1. Walhi Menjadi organisasi advokasi lingkungan berbasis masyarakat.
  2. Mendorong rakyat memiliki akses dan kontrol terhadap sumber2 kehidupan di Jabar
  3. Memastikan adanya jaminan keselamatan kawasan ekologi
  4. Mendorong kebijakan pemerintah yang berpihak pada rakyat.
  5. Membangun kekuatan alternatif

Moto

Pulihkan Ekologi Jawa Barat, Utamakan Keselamatan Rakyat

Program Strategis

  1. Advokasi kebijakan untuk mendorong penyelamatan rakyat (korban) dan sumber-sumber kehidupan rakyat
  2. Pengalangan sumber daya, pengorganisasian, pendidikan dan kampanye penyadaran lingkungan hidup terhadap rakyat di semua lapisan dan golongan
  3. Penguatan model pengelolaan sumber kehidupan rakyat  berbasis kearifan lokal.

 Program dan Kegiatan  Tahun 2011-2012

  1. Pendampingan Warga Korban Bencana di Jawa Barat

–          Korban Banjir Bandung Selatan

–          Korban Banjir di Priangan Timur

  1. Pendampingan korban kasus-kasus kerusakan lingkungan di Jawa Barat

–          Korban Kerusakan Lingkungan di Cekungan Bandung dan Citarum

–          Korban kerusakan Lingkungan di Pesisir Selatan  Jabar

–          Korban Kerusakan lingkungan di Pesisir utara Jawa Barat

  1. Penelitian dan Kajian Kebijakan Tata Kelola Hutan Kota, Hutan dan Pertambangan di Jawa Barat
  2. Pendidikan Kader Rakyat Untuk Penyelamatan Sumber-Sumber Kehidupan
  3. Advokasi dan Kampanye MULASARA CAI Tatar Pasudan

Komitmen  WALHI Jawa Barat  : “MULASARA CAI TATAR SUNDA”

Selama ini, WALHI, Sahabat WALHI dan Anggota WALHI Jawa Barat selalu berkomitmen untuk berpartisipasi mendukung agenda penyelamatan lingkungan hidup. Dan, secara konsisten melakukan kampanye penyadaran terhadap masyarakat  di Bumi Tatar Pasundan untuk memperoleh keadilan dan hak dasar atas lingkungan hidup yang bersih, sehat, nyaman dan lestari. Termasuk di dalamnya menyelamatkan ekologi air, sumber mata air,  dan sungai-sungai di bumi Jawa Barat.

Berangkat dari kondisi air dan sumber mata air yang semakin hilang dan punah serta sungai-sungai di Tatar Sunda yang semakin rusak, kotor, tercemar yang mengancam keberlanjutan kehidupan manusia, keluarga, anak-anak serta keanekaragaman ekosistem. Maka,  WALHI Jawa Barat mempelopori lahirnya gerakan MULASARA CAI TATAR SUNDA sebagai sebuah tradisi dalam kehidupan masyarakat Jawa Barat yang perlu dilestarikan.

MULASARA CAI TATAR SUNDA merupakan upaya bersama (sarerea) untuk menyelamatkan, menjaga, merawat, memelihara, melestarikan air, mata air dan sungai sebagai sumber kehidupan manusia yang bertumpu pada nilai-nilai kearifan lokal Tatar Pasundan. Menyelamatkan air, sumber mata air, dan sungai adalah bagian dari upaya kita menyelamatkan kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya di Bumi Jawa Barat.

Kerja Nyata WALHI Jawa Barat dalam MULASARA CAI TATAR SUNDA akan diwujudkan dalam kerja-kerja sebagai berikut :

  1. Melakukan kegiatan edukasi kepada remaja dan anak-anak pinggiran sungai untuk menanamkan rasa cinta dan memiliki terhadap air dan sungai di DAS Citarum serta kampanye MULASARA CAI ke sekolah-sekolah di Jawa Barat.
  2. Melakukan  kampanye gerakan Menabung Air dengan Menanam Pohon. Melalui kampanye ini WALHI Jawa Barat akan melakukan gerakan penanaman di sekitar mata air dan Daerah Aliran Sungai di Jawa Barat berbasis partisipasi swadaya masyarakat. Gerakan ini
  3. Membantu memfasilitasi masyarakat miskin yang mengalami kekurangan air bersih di Perkotaan  dan lokasi-lokasi yang mengalami kekeringan
  4. Mendukung komunitas dan kelompok masyarakat yang konsisten melakukan pemberdayaan ekonomi hijau dan pengelolaan sampah berbasis rumah tangga baik organik maupun bukan organik di sekitar sungai sehingga mengurangi pembuangan sampah ke sungai dan pencemaran air dan sungai.
  5. Membantu memfasilitasi ketersediaan air bersih bagi masyarakat /korban ketika terjadi bencana banjir dan kekeringan
  6. Memfasilitasi penyediaan sumur resapan dan biopori di kawasan perkotaan yang rawan banjir
  7. Memberikan apresiasi /penghargaan bagi individu, komunitas atau kelompok yang peduli dan memiliki kiprah nyata dalam mengelola lingkungan sungai
  8. Melakukan edukasi konservasi bagi anak-anak di sekitar kawasan hutan di Jawa Barat
  9. Menginisiasi model pengelolaan hutan desa dan rakyat di kawasan hulu Daerah Aliran Sungai

Struktur Kepengurusan WALHI Jawa Barat

Dewan Daerah ( sebagai pengawas, penasehat,  kinerja kepengurusan WALHI Jabar )

  • Direktur Eksekutif (Ketua)
  • Deputi Direktur (Wakil Ketua )
  • Bendahara
  • Kesekretariatan
  • Divisi Pengembangan Program
  • Divisi Advokasi dan Kampanye

– Kehutanan dan Agraria

– Tambang dan Energi

– Kebencanaan

  • Divisi Pendidikan dan Kaderisasi
  • Divisi Penggalangan Sumber Daya

Sahabat WALHI ( berdiri sendiri sebagai sayap WALHI Jabar )

Alamat kami di jalan Piit no 5 Bandung

phone/fax: +62 22 2507740

untuk email besar kirim ke: walhijabar@gmail.com

89 comments on “Tentang Kami

  1. kepada WALHI tolong di pantau kampung Kiarapayung Desa Mekarjaya Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur Prov. Jawa Barat, Dimana lahan disana akan ada penambangan pasir oleh PT Duta Karya, padahal disitu lereng gunung yang sangat terjal dan disamping itu membahayakan kampung setempat yang ada di lereng gunung, untuk itu saya mohon kepada WALHI supaya di tinjau agar tidak ada kecemasan masyarakat setempat. Atas nama warga kampung Kiarapayung Kami ucapkan terima kasih

  2. warga telah di manipulasi oleh pemerintahan setempat mereka memalsukan tanda tangan/ijin dari warga, pdahal pada buktinya warga menolak dan tidak mau menyetujuinya, itu membuat kami susah untuk mengadu karena pemerintahan setempat tindak mendukung masyarakat, untuk itu saya memohon kepada WALHI agar meninjau lokasi penambangan Pasir di kampung Kiarapayung desa. Mekar Jaya Kac. Cikalongkulon Kab. Cianjur Prov. Jawa Barat. Atas Nama Warga kampung iarapayung Kami Ucapkan terima kasih

  3. teman walhi bisa bantu kami mo ngadain PENSI tema Go Green di bogor SMK Inovatif…
    buat pembicara….

  4. @ a agung gumbira
    asalamualikuuum.. waaah, hahaha keren-keren, keren banget kang, coret-coret imajinasi di tembok, mengolah daya pikir kita, mengepakan sayap imajinasi, membumbui sebuah karya dengannya,,, kereen, buat walhi terus berjuang……!!

  5. Pingback: MARKINON: Bukan Nonton Biasa « Dee-M the Superkid

  6. @putri : maksudnya buat mengirim e-mail dengan file yang besar bisa ke alamat walhijabar@gmail.com, karena kadang ada yang mengirim data kasus/pengaduan dengan ukuran file yang besar.
    @Wawan : Pak Wawan mungkin bersedia memberikan no kontak, karena ada beberapa orang yang menanyakan tentang hal yang bapak tawarkan?
    terima kasih atas perhatian yang diberikan,
    salam hormat

    admin

  7. kami dari mahasiswa POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) pada hari bumi akan mengdakan seminar lingkungan hidup Sampah ” maka dari itu kami meminta masukan saran baik secara teknis dan non teknisnya untuk kegiatan seminar ini juga kami akan mengadakan kegiatan penanam pohon (kalau jenis pohon yang cocok di tanam untuk daerah padalarang apa?).
    terima kasih

  8. Pingback: Amazon, Riwayatmu Dulu « Dee-M the Superkid

  9. walhi teh apa????
    aku ada tugas cari tentang walhi tpi gak ada tuh malah iklan mulu ..

  10. Yth. Bpk/Ibu
    Pimpinan Walhi Jabar
    di
    tempat

    Dengan Hormat,

    Sehubungan dengan makin maraknya Galian C / pasir ilegal di Kp Ceper Ds. Sukasari Kec. Serang Baru Kab. Bekasi dan sekitarnya, kami mohon bantuan WALHI untuk melakukan langkah-langkah guna menghentikan dan menertibkan Galian C tersebut, sebab sampai saat ini pengaduan kami selaku warga kp ceper tidak pernah ditanggapi serius oleh pihak terkait. Pihak Pemkab sendiri mulai dari DPRD (komisi C), BPLH dan aparat berwajib mereka diam saja (diduga semua aparat dan pihak terkait sudah mendapatkan jatah pereman), padahal kerusakan lingkungannya sudah kian parah, mulai dari kesulitan air bersih, jaling rusak parah sampai terjadi konflik sosial belum lagi masalah yg akan timbul di kemudian hari.
    Setahun yang lalu kami pernah mengadukan hal ini kepada RI1 (via surat) terkait Galian C di Situ Ceper yang seharusnya sebagai lahan konservasi, saat ini galian pasirnya sudah berhenti tapi sampai skrg belum dilakukan reklamasi baik oleh PJT II ataupun pengelola (PT PMJ). Kalau memerlukan data-data kami siap membantu

    Untuk itu kami mohon bantuan WALHI selaku pemerhati dan pejuang lingkungan dapat membantu keluhan2 masyarakat Kp ceper khususnya dan masyarakat Kab. Bekasi pada umumnya.

    Demikian kami sampaikan atas perhatian serta bantuannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,

    Gerakan Rakyat Anti Kejahatan Lingkungan Bekasi (GRAKL)

  11. Salam Lestari, semoga Pengurus WALHI JABAR diberikan kesehatan dalam menjalankan aktivitas kesehariannya dan eksis selalu dalam pelestaria alam. Kami dari Komunitas Tenaga Sukwan Indonesia (KTSI) Korwil Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya punya rencana akan mengadakan pelatihan daur ulang sampah bagi gugu-guru bidang Pendidikan Lingkungan Hidup(PLH)Sekolah Dasar se Kabupaten Tasikmalaya, materi yang akan kami berikan yaitu 1. Teknik pembuatan kompos organik(KOMPOSTER) 2. Daur Ulang Sampah Kertas(bubur Kertas) membuat keterampilan dari kertas 3. Reboisasi, dsb. Tetapi kami banyak kendala di bidang pendanaan untuk Pemateri, sekiranya dari pihak WALHI JABAR bersedia untuk jadi pemateri dalam kegiatan pelatihan kami, meknisme dan prosdurnya seperti apa?terimakasih atas partisipasi dan kerjasamanya.Dan bagaimana prosdurnya kalo mau gabung dengan WALHI JABAR?

  12. I?ve learn several just right stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how a lot effort you set to make one of these excellent informative site.

  13. Salam Hijau Negriku….

    Semoga Kita semua dalam Lindungan Alloh SWT, dan buat pengurus dan relawan WALHI selallu dalam lindungan-NYA serta apa yang direncanakan dan d jadwalkan dapat terlaksana dengan baik serta mendapat Ridho-NYA.

    Pengurus WALHI beserta Relawan…Sejauh Manakah Pantauan Untuk Wilayah KARAWANG dan Sekitarnya, Saya Sangat perihatin Meihat Kondisi Lingkungn Karawang sekarang ini Yang semakin Hari semakin memperihatinkan dengan adanya pembangunan pabrik2 yang kemungkinn besar mengancam lingkungan dan wilayh karawang yang notabene sebagai lumbung Padi,
    dan juga bis dipastikan pencemaran limabah, yang tidak terawsi pasti akan lebih menabah dmpak kerusakan lingkungan.

    Cukup sekian serta saya ucapkan terimakasih yang sebesar2nya, karena denagan wadah WALHI ini saya bismenuangkan ungkapan Unek2 saya terhadap lingkungan d karawang ini.

    Salam Hormat

    Ono Nurdiono
    nurdin@yahoo.co.id

  14. Asslkm. Mohon bantuan WLHI untuk Kota Tasikmalaya alamatnya di mana atau Kontak Personnya pada siapa? Saya ingin mengadakan penelitian untuk sungai Cimulu dan Ciloseh yang melintasi Kota Tasikmalaya? Saya juga bermaksud mengundang WALHI sebagai narasumber untuk pelatihan Lingkungan Hidup di sekolah kami Madrasah Aliyah Budi Sartika Cineam Kab. Tasikmalaya. Kalo bisa WALHI juga mulai menggarap masalah kali CIMULU dan sekityarnya di Kota Tasik. Trim, wassalamkm.

  15. aslm.alhamdulillah saya bisa silaturahim lagi sama Walhi. saya mau curhat nih….dulu saya main kesana karena nganter temen untuk minta diajarin cara bikin kompos dari sampah rumah tangga. untung dulu ikut, sekarang saya punya masalah sama sampah-sampah yang dihasilin keluarga kami nih.pusiiiiing.kayanya kalo dibikin kompos kaya yang temen-temen Walhi bikin asik juga.tapi saya teh lupa eung cara bikinnya.mau bagi-bagi ilmu lagi gak.dulu, waktu saya kesana temen-temen juga nyediain kalo ada yang mau beli keranjangnya.kalo sekarang masih ada gak ya?

  16. saya masyarakat rumpin,,dimana terdapat banyak perusahaan pertambangan…yang selama ini tidak pernah memperhatikan lingkungan,,,seperti jalanan yang hancur,berdebu,perusakan alam,dll,mohon ada gerakan dari walhi,,,,truss tolong di berantas oknum yang mengatasnamakan WALHI yang mengambil keuntungan dari penderitaan masyarakat rumpin ,,,terimakasih..

  17. saya masyarakat kp.cibeurum rt 07/02 desa sukasari kec.rumpin kab.bogor ingin mengadu kepad walhi jawa barat,,,di rumpin banyak sekali pertambangan-pertambangan yang beroperasi tapi tidak memiliki ijin,,,,dan juga tidak memperhatikan lingkungan setempat…kami masyarak sangat dirugikan ,,tolong dari walhi ada yang surpei……..trus di berantas oknum yang mengatasnamakan orang walhi yang hanya mencari keuntungan…..terimakasih……

  18. tolong lingkungan di rumpin di perhatikan…………….kepada walhi….tolong anda surpei ke rumpin kab.bogor ..sudah banyak terjadi perusakan lingkungan oleh perusahaan pertambangan,,dan tolong pemda bogor di tekan supaya buka mata terhadap permasalahn yang ada di rumpin kab.bogor,,,,tolong kembalikan hak kami sebagai masyarkat,,,,,

  19. Untuk kualitas Pertanian, perkebunan, pertambakan, peternakan dan rumput laut Pupuk Organik Cair ALam Hijau menjadi solusi yg bagus. selain mempercepat dan meningkatkan produktifitas, POC ALAM HIJAU juga berfungsi untuk Penguatan Akar, Mencegah dari berbagaimacam penyakit, jamur dan hama dan aman untuk digunakan. (Kembalilah Ke pertanian Organik)

    http://www.disantyaalamhijau.blogspot.com

  20. Punten, Saya dan Rekan rekan berencana untuk membentuk LSM WALHI Kab. INDRAMAYU mohon petunjuk?

  21. Hi, all the time i used to check webpage posts here early in the break of day,
    since i like to find out more and more.

  22. Kepada pemimpin/pimpinan WALHI
    Kami masyarakat Karangmulya kec. Padaherang Kab.Ciamis yg sekarang pemekaran menjadi Kab.Pangandaran kami minta bantuan/petunjuk untuk mempertahan kan bukit kami yang akan dibuat pabrik semen dan penggalian bahan baku semen..kami sangat menolak pembuatan pabrik tersebut tp ada segelintir orang dari daerah atau tetangga kampung menyetujui pabrik semen,sedengkan sumber mata air masyarakat kami ada pada letak bukit tersebut,banyak calo-calo tanah membujuk yang punya tanah agar dijual dengan harga tinggi..sedangkan pabrik membutuhkan 200 hektar tana…kami tidak mau sumber kehidupan kami dikuasai oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab..Dengan ini kami mohon bantuanya agar mata air kami n hutan kami terjaga dan sumber kehidupan kami terjaga sampai anak cucu kami.Sebelumnya Kami ucapkan Terimakasih atas bantuannya

  23. kepada walhi tolong survei di padalarang sekarang ini sedang di bangun perumahan di atas tanah sawah produktif selain itu lokasi nya di samping jalan provinsi jalur padalarang tagog yang padat dan macet setiap hari,kalau bisa tegur saja pemda bandung barat

  24. Sya jurusan sosiologi, dan sempt PPL dulu di walhi, boleh tidak sya gabung di walhi. Soalnya banyak persoalan lingkungan diwilayah sya yang perlu mendpaykan perhatian serius dari kita. Supay masyrkt sdar akan lingkungannya……

  25. Warga padaherang-pangandaran khususnya desa karangmulya &kedungwuluh menolak dengan rencana berdirinya pabrik semen, yg karna pengambilan bahan bakunya dpt merusak alam yg menjadi sumber air untuk kebutuhan pertanian dan rumah tangga.
    Mohon bantuan dari pihak2 yg lebih tau dlm masalah lingkungan jga hukum seperti WALHI, untuk menolak berdirinya pabrik semen di tengah pemukiman kami

  26. Dengan Hormat

    Sehubungan dengan budaya pembangunan yang memakai nama pemerintah terus berjalan,akan tetapi dari pemerintah daerah sendiri kususnya dalam bidang tambang tidak pernah melihat dampak dari pembangunan tersebut. Saya mohon dari pihak WALHI JABAR mau membantu kami dari karawang,tepatnya di Kecamatan Pangkalan Desa Taman Sari yang selama ini sudah sangat memprihatikan . Ya sebesar apapun gunung kapur kalau di ambil setiap hari pasti akan habis apalagi kalau pabrik semen sudah berjalan ngak tau musibah apa yang akan terjadi. Saya merasa mereka semua tidak ada ijin Galian C, maka kalau ada razia alat mereka selalu di sembunyikan, dan yang paling aneh razia selalu bocor duluan. Kami wakil dalam masarakat karawang sangat mohon dari Walhi Jabar pusat mau hadir . kami siap membantu .Dan masih banyak limbah pabrik yang sangat mengejutkan PH nya bila kita chek.Pokoknya kami sangat mohon pimpinan Walhi jabar mau datang to melihat jangan di wakilkan pihak pemerintah setempat. Sekali lagi kami sangat menunggu kehadiran WALHI. ini telpon kami pak.081285993381 Wassalam.hamba Allah.

  27. salam sejahtera kepada seluruh pengurus WAHLI semoga sukses selalu . . saya warga bogor tepat nya di ciampea ada satu masalah pencemaran udara yg amat sngat mengganggu yang di sebabkan oleh pembakaran kapur liar yng menggunakan bahan bakar ban bekas yang berada di sekitar gunung kapur desa ciampea. kami sebagai warga sangat butuh pertolongan untuk menghentikan kegiatan pembakaran kapur liar tsb yang sekarang jumlah nya sudah sangat banyak sehingga menimbulkan polusi udara yang sangat mengganggu terutama di malam hari . . kami sudah berusaha mengadukan ini ke muspika ciampea di tanggapi memang , tetapi sampai detik ini tidak ada perubahan atau tindakan yang berarti , kami pun tidak tau ada apa di balik semua itu . . sekali lagi kami mohon bantuan dari WAHLI untuk membantu kami terbebas dari pencemaran udara yang sangat mngganggu ini karna kami sangat hawatir dngan kesahatan kami dan anak2 kami . . . semoga WAHLI selalu sukses dan kami sangat menunggu uluran tangan dan tindakan dari wahli untuk kemaslahatan umat. . . wassalam .

  28. Kepada Yth, WALHI Jabar Saya ingin bergabung dengan Walhi bagaimana caranya. Saya tunggu jawabanny,Terima kasih.

  29. saya mahasiswi usia 19 tahun apakah boleh bergabung di walhi?bagaimana caranya? terima kasih

  30. Di kec. Leles Kab. Garut, sekarang ini sedang berlangsung upaya nyata pembebasan lahan untuk keperluan pabrik sepatu(?) seluas 40 ha(?). kami cemas. Lahan bakal pabrik ada di hulu kota kec. leles. Tinjauan keselamatan lingkungannya seperti apa kami tidak tahu dan tidak ada yang memberi tahu. kiranya Walhi mau meninjau, melihat, dan seterusnya, sesuai misi Walhi Jabar

  31. saya juga orang Kec. Leles Kab. Garut Tolong ditinjau lahan untuk pembangunan Pabrik Sepatu Nike PT Chang Shin, sebab lokasinya ditengah-tengah pemukiman, kami minta bantuan advokasi sebab pemimpin2 kami sudah disogok dan sudah memberikan izin padahal kami sebagai warga terdekat belum pernah menuliskan tandatangan persetujuan sekali toloooooooong.

  32. Nama Saya Gun Gun Hamdani, Warga Perum Qoryah Toyyibah Blok P2 No. 8 Kec. Leles Garut
    Sumber mata air kami berasal dari sungai bawah tanah. Saat ini PT Chang Shin mulai membuat pabrik berdampingan dengan komplek kami, Kami sadar bahwa investasi itu penting untuk kemajuan daerah kami, tapi sayang kami tidak diajak berdiskusi. bagaimana dengan nasib kami, khususnya nasib mata air kami….

  33. kepada yth.
    ketua walhi jawa barat.
    laut di kab.bekasi telah di perjual belikan
    dan saat ini sudah di kapling-kapling .kami masyarakat nelayan sudah melaporkan hal tsb k menteri kelautan, ombusman, dprri dan sebagainya namun hingga saat ini kami belum mendapatkan jawaban pasti tentang pengkaplingan pesisir tsb.untuk itu kami mohon kpd walhi jabar agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini.terimakasi

  34. Terjadi pencemaran udara.assap batu bara pemanas ayam dan wabah lalat dari peternakan ayam boiler di desa hegarmanah kec cikancung kab bandung. Yang sudah lewati ambang batas normal radius dari rumah warga kurang dari 20meter milik danis food tolong di bantu disinyalir tanpa ijin dari pemda

  35. lembang adalah daerah penghasil sayuran terbaik di jawa barat dan indonesia tentunya, khususnya daerah cibodas….
    tapi itu dl…
    ap yang terjadi sekarang di cibodas,.
    alih fungsi lahan produktif pertanian jadi gedung-gedung sekolah swasta dan pemukiman guru-guru swasta..
    sungai yang dulunya jernih jd coklat pekat dan berbau oleh limbah peternakan skala besar..
    mau bercocok tanam dilembang sulitnya minta ampun, .
    ooohh walhi sahabatku,. bagaimana aku harus berjuang mempertahankan cibodas sebagai lumbung sayuran khususnya untuk daerah jabar dl de…
    tolongin y…
    sy cinta dengan dunia pertanian…..

  36. Nama saya Hendrawa P, , alamat di Sauyunan Mas, cibaduyut, dijalan tsb ada sebuah taman yg ditanami al. pohon cemara, menurut pendapat saya taman tsb sangat berguna bagi warga complex , seharusnya taman tsb dipelihara dng baik unt penghijuan, tetapi tetangga saya Hari Gumilar, tanpa mendapat persetujuan warga complex, menebang beberapa pohon mengambil -+ 1/3 luas taman disemen untuk tempat parkir mobil pribadinya. dalam rapat warga berkali2 saya mengajukan protes dan minta agar taman dikembalikan fungsinya, sebagian besar warga menyetujuinya namun tidak ada tindakan yg konkrit dari ketua complex. bagaimana menurut pendat saudara2 pecinta lingkungan hidup dan Walhi khususnya. terimakasih.

  37. Kegiatan penghijauan di Cadas Pangerang telah berlangsung, banyak kegiatan reboasasi yang ingin dilakukan siswa-siswa kami seperti pemeliharaan hutan tata air di Gunung Tampomas yang tentu saja ingin melibatkan WALHI sebagai nara sumber dan referensi teknis. Mohon kontk kami di 0261-201019 / 081394473488. Terima kasih atas kerjasamanya.

  38. Teman walhi jabar mohon bsntuan untuk meninjau amdal pembangunan pt changsin di desa haruman kec lele kab garut…sekarang kompleks kami ( griya citra haruman ) kalau hujan besar kebanjiran padahal kami berada di dataran tinggi…terima kasih sebelumnya…….

  39. Saudara2 , Walhi Jawa Barat mohon advice dan action.

    Di Complex Sauyunan Mas, Cibaduyut Lama , Bojongloa Kidul, Jln Sauyunan Mas III mempunyai Taman seluas -+ 400 m2, ditanami pohon pinus dll, menurut pendapat saya sebagai penghuni komplex yg berdekatan dengan taman tsb, Taman harus di lestarikan, dirawat, dihutankan dengan baik sehingga memberikan O2 , kesegaran, kesehatan dan pemandangan untuk penghuni complex khususnya dan kota Bandung umumnya. Namun oleh penghuni Jl. Sauyunan Mas III tsb , Sdr. Hari Gumilar Jl. Sauyunan Mas III No. 7 , 1/3 Luas Taman disemen dan dijadikan Tempat Parkir Mobil pribadinya, perbuatannya sudah menyalahi peraturan Pelestarian Lingkungan hidup. juga tidak mematuhi Pemda yg menganjurkan kepada penduduk untuk membuat Biopori, padahal dia adalah pegawai Pemda Soreang yg seharusnya memberikan contoh yg baik kepada penduduk complex. Saya , melalui forum Paguyuban Komplex Sauyunan Mas telah berkali2 mengusulkan agar Taman tsb. difungsikan kembali sebagai Taman sebagaimana mestinya, meski forum tsb indikasinya sudah setuju unt mengembalikan Taman sebagai fungsinya, namun tidak ada realisasinya (mungkin karena tidak enak hati pengurusnya). Akibat yg lebih buruk lagi ialah secara tidak langsung meng edukasi kepada anak2 muda complex bahwa apa yg dilakukan sdr. Hari itu benar! apakah kita warga Negara RI diam saja melihat perusakan lingkungan hidup tsb. Pertanyaan saya apa yg mesti saya perbuat lagi untuk melindungi pelestarian lingkungan hidup kita. dan apakah dalam hal ini WALHI bisa ikut meluruskan hal tsb.

    Terima kasih yg sebesar@nya

    Hendrawab P, Jl Sauyunan Mas 3 No. 5 , Cibaduyut , Bojongloa Lidul, Bandung. No HP 085721184446

    demikianlah saya ucapkan Terima kasih sebesar@nya

    2015-01-06 18:38 GMT+07:00 WALHI Jawa Barat official blog :

    > deni deniswara commented: “Teman walhi jabar mohon bsntuan untuk > meninjau amdal pembangunan pt changsin di desa haruman kec lele kab > garut…sekarang kompleks kami ( griya citra haruman ) kalau hujan besar > kebanjiran padahal kami berada di dataran tinggi…terima kasih > sebelumnya..”

  40. teman walhi jabar mohon bantuan untuk penertiban produksi air raksa yg banyak bertebran didaerah sukabumi umumnya khususnya di desa pondokkaso tengah, kp.tapos rt 006 rw 002 kec. cidahu kab. sukabumi. asap dari pembakaran dan baunya sangat mengganggu… trims sebelumnya

  41. Bpk ketua walhi jabar yg sangat sy hormati.tolong investigasi kerusakan hutan rakyat dan hutan lindung yg di rusak oleh perusahaan tambang pasir yg berada di daerah cilopang ds.rancabango.kec.tarogong kaler.garut.keselamatan warga sdh mulai terancam.dan ada indikasi adanya gratipikasi.krn pemda.baik eksekutif.legislatif dan yudikatif tdk bisa berbuat apa2.hanya walhi lah harapan satu2 nya buat. kami.tolong lah kami.trm ksh

  42. Salut atas usaha nya tentang pelestarian alam khususnya wilayah jabar dan bandung. Sedikit usulan, sepertinya akan lebih efektif jika menambah usaha kampanye lingkungan nya, melalui sekolah2 khususnya yg berada di sekitar hulu sungai. Supaya lebih menumbuhkan peduli lingkungan. Saya dan teman pernah akan membuat konsep laboratorium air sederhana sebagai sarana tambahan paud untuk arena bermain dan edukasi di sekitar sungai cigending, tapi terbentur pemangku jabatan RW sehingga gagal terwujud. Bagaimana prosedurnya agar dapat akses dan terlibat langsung/tidak langsung dengan walhi ? Terima kasih.

  43. kami mohon walhi jabar untuk membantu warga kp.sukamaju RW 08 desa / kec.haurwangi kab.cianjur yg banyak sudah jadi korban polusi udara yg ditimbul dari limbah kotoran peternakan PT.QL AGRO FOOD haurwangi.korban kebanyakan anak-anak jumlah korban yg terdata di RW sebanyak 80 orang.penyakit yg diderita warga ISPA dan radang paru-paru,bukti rontgen dari RS RAJAWALI bandung dan dari Dr slamet ciranjang,sekali lagi kami mohon WALHI JABAR untuk turun tangan membantu warga

  44. walhi jabar tolong bantu desa saya (desa cibulan kec. cidahu kab. kuningan) agar perusahaan tambang pasir perusahaan PT. Bhineka.dicabut ijin nya, karena ijin yg dikeluarkan oleh dinas terkait ijin warga nya diduga fiktif. dan masih banyak lagi perusahaan tambang pasir yg berada di desa saya yang merusak lingkungan. eks lahan galian dibiarkan tandus, dan sumber mata air pun kini berkurang. hatur nuhun

  45. Di Ds. Cibeuteng Muara terjadi pencemaran air sungai cibeuteng krn ada usaha pencucian pasir di sisi jembatan sungai cibeuteng Kp. Legok Nyenang. Pencemaran terjadi sdh bertahun lalu. Ada rencana kaum ibu utk demo, tapi blm ada realisasinya. Mohon pihak Walhi Jabar turun tangan dan membawa pemilik usaha tsb ke jalur hukum. Terima kasih

  46. Kasus pencemaran air sungai cibeuteng terjadi di wilayah Kp. Legok Nyenang, Ds. Cibeuteng Muara Kec. Ciseeng Kab. Bogor Jawa Barat.

  47. Apakah saya bisa ikut bergabung dengan Wahli???
    Jika ada info lebih lanjut tolong beri tahu saya
    085721912267

  48. Yth WALHI Jabar, kami warga Kp. tambakan cibeureum desa sukasari kec. rumpin Kab. bogor, mengadukan sekaligus memohon bantuan penanggulangan/penanganan pencemaran air kali cipinang yang diakibatkan adanya operasional tambang pasir, batu dan tanah yang dikelola oleh perorangan. sementara masyarakat sangat membutuhkan air tersebut untuk keperluan setiap saat. selain itu juga kami menyampaikan keadaan jalan raya/utama jalur rumpin- cicangkal-leuwi ranji- gunung sindur saat ini dan memang sejak beberapa tahun kebelakang mengalami rusak berat dan menjadi kawasan maut bagi kami karna berdebu, berbatu dan kalau musim hujan berlumpur. Sementara banyak lokasi proyek yang beroperasi di rumpin tetapi pertanggungjawabannya hanya sebatas pengurugan dan penyiraman saja itupun dilakukan apabila sudah ada reaksi dari masyarakat.
    demikian informasi sekaligus permohonan ini kami sampaikan dengan harapan WALHI dapat membantu memperjuangkan perbaikan lingkungan kami.
    atas bantuanya diucapkan terima kasih.

  49. Bapa yang terhormat ko pada diem ada galian pasir sma batu d daerah jln raya sukabumi tepat nya d kec gekbrong.cianjur(kp pasir tulang)tolong pa jngn sampai d biarkan,kalau gunung itu hilang bakal ada bencana

  50. Sore. Saya Dwina Deandra 21 tahun mahasiswi unpad. Kalau boleh tau cara untuk bergabung menjadi anggota walhi bagaimana ya? Terima kasih

  51. Assalamualaikum.. saya Anggota dari persatuan pemuda lintas desa di kecamatan Rumpin Kab.Bogor memohon dengan sangat kepada Walhi untuk turun tangan ke bumi kami.. gunung2 kami sudah tidak berupa lagi.. kami memohon dengan sangat.. nih CP saya : 0812-8313-6075

  52. Salam perjuangan
    Warga rumpin sedang berduka atas korban kecelakaan terlindasnya guru smk permatasari dan ketua bpd desa tamansari bpk. R. Supriyadi kemarin siang, korban meniggal ditempat.
    Ini korban entah yg keberapa, dan kerugian yg moril dan materil yg tak terhingga, atas adanya penambangan dan angkutan truk material, mohon walhi jabar segera ke tkp yaitu: kampung sukamanah desa tamansari rumpin bogor
    Skrng warga sudah menutup jalan dan 3 pool truk tronton, mohon mengadvokasi warga dan memperjuangkan keadilan, thanks

  53. jalan kami rusak.. sudah berpuluh-puluh tahun kami menikmati debu yg menghampiri kami tanpa kami undang.. Rumpinku tersayang nasibnya Malang.

  54. Mohon selamatkan aliran sungai citarum dan anak2 sungai citarum yg rusak akibat banyaknya perusahaan yg membuang limbah ke sungai dan pola hidup masarakat yg banyak membuang sampah ke aliran sungai’saya sebagai orang yg peduli dgn apa yg terjadi dgn citarum sangat prihatin ‘hidup walhi”urang jieun lingkungan urang nu genah merenah tur tumaninah ulah micen runtah sagawayah”

  55. Ass,punten ka walhi kab ciamis tolong ditinjau perusahaan pabrik aci kawung yg brada didesa kertahrja kec.cijeunjing kab ciamis,pmerintah ciamis seolah tidak berdaya ngurusin malsah pabrib,30 th berjalan pabrik aci kawung mencemari lingkungan kami tanpa,tanpa izin tpi bsa beroprasi,sungai kami tercemar,,085723839577,agus marjum,

  56. kami sbg warga gn sindur kab.bogor merasa sangat terganggu dgn byknya truk tanah yg melewati daerah kami. polusi dan kerusakan jalan smkin parah. dari pagi sampai pagi mrk trus beroperasi. aparat kelurahan, kecamatan dan polsek jg tdk berbuat apa2. supir yg ugal2an…parkir semau maunya menganggu warga yg lewat d sana. mohon perhatiannya krn dampak kerusakan dan polusi (debu) menganggu sekali. kbtulan byk sekolah2 yg d lewati jlur truk tsb.
    terima kasih

  57. Yth. Walhi Jabar, saya ingin menyampaikan bahwa kondisi pencemaran limbah B3 di Kali Bekasi sudah sangat parah dan membahayakan kesehatan. Bahkan PDAM sendiri sudah tidak berani laghi menggunakan air dari kali ini sebagai sumber air baku (http://www.sinarharapan.co/news/read/151008328/kali-bekasi-tercemar-limbah-b-3-pdam-hentikan-produksi). Mohon rekan-rekan Walhi melakukan advokasi dan pressure kepada Pemda untuk melakukan tindakan terhadap pelaku pencemaran sungai. Terima kasih.

  58. dapatkah diinfokan Alamat dan no telpon WALHI Jabar/Bandung

    2015-10-19 12:23 GMT+07:00 WALHI Jawa Barat official blog :

    > Albert Boy Situmorang commented: “Yth. Walhi Jabar, saya ingin > menyampaikan bahwa kondisi pencemaran limbah B3 di Kali Bekasi sudah sangat > parah dan membahayakan kesehatan. Bahkan PDAM sendiri sudah tidak berani > laghi menggunakan air dari kali ini sebagai sumber air baku ( > http://www.sinar

  59. Pengerusakan alam di daerah bogor tenggara amat sangat parah dan sudah berlangsung belasan tahun dari mulai sekitar rumpin sampai dengan desa karikhil kecamatan ciseeng dimana daerah tersebut berada di sepanjang aliran cisadane, dulu saat saya masih anak anak daerah tersebut hijau karena persawahan dan perkebunan namun saat ini jadi longsor dan rusak karena jadi penambangan illegal, sangat di sayangkan semua aparat disana sudah tutup mata dan membiarkan kegiatan penambangan liar berjalan terus dengan tentunya pasti ada kontribusi materi kpd mereka. Sementara saat kemarau masyarakat sulit mendapatkan air karena sumur sumur kering akibat tdk ada lagi resapan air akibat kebun dan sawah dijadikan tambang galian pasir illegal. sekarang siapa lagi yang mau perduli dengan alam dan masyarakatnya kalo semua pejabat sudah meng hamba kan diri kpd uang dan tdk takut akan murka dari gusti sang maha kuasa

  60. walhi apa yg telah diperbuat dengan citarum . saya masih melihat limbah air pabrik yang masih dibuang ke aliran sungai citarum . warna hitam masih mewarnai , padahal di hulu sungai cisanti terjaga bersih.

  61. Asaamu’alaikumm …
    Salam selamat untuk bumi hijau,
    Kepada pimpinan walhi jawa barat ,semakin marak sekali galian c di daerah jabar,,minta tolong dngn perantara kalian agar mendatangi keadan gunung2 yg sudah dan masih di gunakan untuk galian c kusus nya di daerah banten ,,alamat bojonegara pulo ampel dan sekitar nya..datang lah kemari untuk membantu kami, mengusir tambang galian c tersebut untuk menetralisir kembali alam di sini..kalian walhi dengan badan hukum kalian mudah2 han bisa membantu kami yang kontra galian c,,hanya akan menimbulkan bencana saja bagi kami yg kontra ,,dan segelincir saja yang pro dngn galian c..hapuskan galian c.terima kasih,,harap segera di tindak secepat nya.

  62. Kami warga desa luragung merasa risow karna akan d adakan penambangan pasir lokasinya d selah timur SMK N LURAGUNG yang kmi takutkan akan terjadinya kerusakan lingkungan sebelum tambang pasir itu d buka,saya mohon d pantau dulu oleh yayasan wahana lingkungan hidup demikian keluhan kami mohon d perhatikan.

  63. saya seorang yang sudah tak muda lagi (tua) lahir tahun 1967. tapi kalau bicara masalah arti lingkungan hidup saya suka terusik cara berpikir dan bertindak . mungkin mau melakukan sesuatu yang sangat bermamfaat untuk kepentingan generasi berikutnya tentang lingkungan hidup. dengan kondisi tingkat kepedulian lingkungan hidup yg kurang perhatian dari masyarakat sekarang dan tidak ada rasa ketertarikan untuk lingkungan yang terpelihara (lebih tertarik jadi ormas politik ) . sangat memprihatinkan dengan kondisi ini . saya berdomisili di Pangalengan yang merupakan konversi candangan air yang sangat vital melihat langsung bagai mana pola mengexploitasi alam dengan tidak bijak . lahan perkebunan masyarakat dan pembukaan area untuk tempat tinggal merupakan ancaman tersendiri . intinya saya mau bertanya bagai mana saya ikut bergabung secara nyata dan melibatkan diri untuk melakukan pemeliharaan lingkungan tersebut . kemana saya harus melihat kegiatan WALHI apa program WALHI ? bagai mana saya dan masyarakat setempat ikut membantu WALHI ? mungkin kah WALHI jadi rujukan pelaporan atas kerusakan lingkungan ? saya masih percaya aparat hukum tapi alangkah hebatnya kalau WALHI punya taring juga ditempat saya . semoga saya mendapat keterangan dan pencerahan dari WALHI dan dari forumer ini . selamatkan lingkungan hidup atau bencana yang kita dapat
    maafkan kalau ada kesalahan yang saya tulis.
    terima kasih

  64. WALHI bantu kami dalam mengatasi kerusakan lingkungan hidup hutan dan gunung karena explorasi tambang pasir dan batu di daerah kami dan fasilitas akses jalan raya yg tidak layak.
    Alamat di Desa cipinang dan Desa Rumpin Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor 16350

  65. Seharusnya dalam melestarikan lingkungan alam dimulai dari diri sendiri, contoh tidak membuang sampah dijalan, memelihara pohon di rumah untuk penghijuan atau melestarikan taman2 dekat rumah. Saya ingin advis daei Walhi mengenai kasus di Complex perumahan Sauyunan Mas , Bandung saya sbb :

    ” Salah satu penduduk yg rumahnya berdampingan dengan TAMAN seluas -+ 300 M2 yg terletak di perumahan tsb, memotong pohon2 TAMAN seluas -+ 100 M2 dan membuat PARKIR MOBIL dengan menyemen tanah tsb. Oknum penduduk tsb tidak menghiraukan tetangga2 agar merobah kembali menjadi Taman. Oknum penduduk tsb sudah merusak lingkungan yang seharusnya MELESTARIKAN Lingkungan bahkan dengan menyemen parkir mobil yg di buat berarti tidak mengikuti program PemDa untuk membuat Biopori tanah. Bagaina Pendapat Walhi dan apa yg harus saya kerjakan?

    Sebelumnya diucapkan terima kasih

    2016-04-11 9:40 GMT+07:00 WALHI Jawa Barat official blog :

    > Aris Try Wahyudi commented: “WALHI bantu kami dalam mengatasi kerusakan > lingkungan hidup hutan dan gunung karena explorasi tambang pasir dan batu > di daerah kami dan fasilitas akses jalan raya yg tidak layak. Alamat di > Desa cipinang dan Desa Rumpin Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor 16” >

  66. sore

    kepada WALHI Jawa barat mohon bantu kami warga kp. leuwi malang Desa WIBAWA MULYA kec. CIbarusah Kab. BEKASI karena di desa kami marak penggalian / penambangan pasir yang menyebabkan air di sumur2 warga kering karena tersedot oleh adanya pertambangan pasir tersebut, ini masalah serius menurut kami, oleh karena itu kami mohon untuk bantuan dr walhi agar bisa menutup pertambangan pasir tersebut

    thank

  67. Slmt sore …peetama tama ,saya dri sebgian warga sangat terganggu deng lingkungan yg tidak nyaman daerah kami .
    Adanya tumpukkan ringsokkan yg dia nmkan pabrik plastik…mk kmi wargA di sini sdh tdk nyaman…adanya penyakit…dan air limbah nya mengganggu se x…krna bnyk warga yg tidak brani melawan yg punya cina dengan menakutin kmi kl dia antik2nya ahok….dll jdi kmi mohon ditinjau ulang oleh yg berhak tdknya rongsokkan 2 hektar tnh itu menjadi wabah penyakit….alamat…jln arthayasa gg.H.rojali …..pabirk pelasti bw….ģ

  68. Slmt sore …peetama tama ,saya dri sebgian warga sangat terganggu deng lingkungan yg tidak nyaman daerah kami .
    Adanya tumpukkan ringsokkan yg dia nmkan pabrik plastik…mk kmi wargA di sini sdh tdk nyaman…adanya penyakit…dan air limbah nya mengganggu se x…krna bnyk warga yg tidak brani melawan yg punya cina dengan menakutin kmi kl dia antik2nya ahok….dll jdi kmi mohon ditinjau ulang oleh yg berhak tdknya rongsokkan 2 hektar tnh itu menjadi wabah penyakit….alamat…jln arthayasa gg.H.rojali …..pabirk pelasti bw….kel.limo..kec.limo depok

  69. Saya drian dari majalaya bandung bagai mana caranya masuk menjadi anggota walhi

  70. Saya warga desa halimpu kecamatan beber kabupaten cirebon sedang bingung tentang adanya galian tanah di desa kami..tanah yang di gali adalah tanah desa( bengkok)..kami selaku warga tdk pernah di ajak duduk bersama aparat desa ttg penggalian tanah tsb..mohon bantuan walhi,agar proyek ini bs di hentikan karena akan merusak lingkungan( pencemaran tanah,udara dan air..)
    Trmksh atas bantuannya..

  71. Dear walhi,
    Apakah anggota walhi pernah melalui sepanjang jalan depan pabrik bridgestone bekasi ?
    Saya sebagai pengguna jalan sering kali bahkan.setiap melalui pabrik merasakan bai yg sangat menyengat dari limbah pembuangan
    Kiranya pihak walhi bisa memperhatikan apa yg terjadi terhadap efek dari menghirup.bau menyengat di jalan tersebut, kemana limbahnya di buang, apakah dampaknya buat orang yang stay , yang mukim di sekitar, para pengguna jalan, keberadaan ait tanah ?
    Demikian surat ini tidak panjang lebar
    Semoga bekasi kota tetap lestari,
    Pabrik2 yang ada mematuhi kaidah kenyamanan lingkungan
    Lingkungan tetap asti, untuk para generasi anak cucu nanti

    Salam hangat..

  72. selamat malam.
    Jika berkenan tolong mampir di desa datar kec. cidahu kab.kuningan..
    di situ terdapat aktivitas tambang pasir yang sudah berlangsung sudah lama dan sekarang sudah menghawatirkan, tambang tsb beroperasi 24 jam.
    terimakasih

  73. Saya pembina Penggerak cinta lingkungan dan Pembina eskul PLH di SMAN2 Padalarang membutuhkan banyak informasi tentang mengelola sekolah berbudaya lingkungan (SBL) antara lain bank sampah, pemanfaatan limbah air kucuran genting, air wudlu, penghematan energi, pelestarian anggrek hutan dan paku pakuan dlll.

  74. assalamualaikum ksmi slaku masyarakat yang kebetatan trhadap galian c di cilaku cianjur perlu pendampingan WALHi ataa tdk kesewenangan pengussha galian c yang metusak lingkungan kami shngga tahun ini kami hnya mngandalkan ait hujan smntra pengairan yng biasa telah tertutupi limbah galian c ini, dan masih banyak lagi aduan kami terlebih galian c ini statusnya ilegal bhkan lurah stmpatpun sma skali tdk d hargai, hanya WALHi lah yang mahami hal ini oleh dmkian kami meminta uluran bantuan penyelamatan lingkun kpada sgenap aktifis lingkungan trutama walhi, kami bersama sluruh warga msyrakat siap betjuang bersama, slama ini kami tdk bisa btkutik krna kterbatasan kmampuan kami dalm mnangani hal smcam ini , mohon di konfirmasi aduan kami ini, untuk klarifikasi lebih lanjut hub kami

  75. Ka saya tadi ke alamat walhi Jabar yang di cibeunying, tapi tidak ada siapa siapa . Saya coba telpon seperti salah sambung. Apakah ada kontak terbaru ny yah ?

  76. hallo, jika berkenan saya ingin menghubungi Walhi jabar untuk penelitian saya. kebetulan nomor nya tidak bisa di hubungi mungkin ada nomad lain dan alamat yang terbaru? trims

  77. Maaf mau bertanya apakah ada anggota atau pengurus walhi yang bernama adi m yadi dengan alamat terakhir di taman kopo katapang…terakhir mengaku sebagai direktur pt.sobat bumi indonesia…terimakasih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s